BCCT
merupakan pendekatan pendidikan anak usia dini yang dikembangkan oleh Creative Center for Childhood Research and Training (CCCRT) Florida, sebuah lembaga penyedia pelatihan dan penelitian tentang perkembangan anak terkemuka di Amerika. Pendekatan ini disusun berdasarkan hasil kajian teoretik dan pengalaman empirik selama 30 tahun. Selain itu, metode yang dikembangkan sejak tahun 80-an ini baik untuk diterapkan pada anak normal maupun anak dengan kebutuhan khusus.
Pendekatan pembelajaran BCCT dipusatkan pada anak dan menempatkan setting lingkungan main sebagai pijakan awal yang penting. Sebelum dan sesudah anak bermain dilakukan setting duduk melingkar, yang dikenal dengan saat lingkaran. Pada pendekatan ini, setiap anak diberikan dukungan penuh untuk aktif, kreatif, dan berani mengambil keputusan sendiri. Selain itu, guru tidak berperan sebagai pengajar, namun sebagai fasilitator, motivator, dan evaluator.
merupakan pendekatan pendidikan anak usia dini yang dikembangkan oleh Creative Center for Childhood Research and Training (CCCRT) Florida, sebuah lembaga penyedia pelatihan dan penelitian tentang perkembangan anak terkemuka di Amerika. Pendekatan ini disusun berdasarkan hasil kajian teoretik dan pengalaman empirik selama 30 tahun. Selain itu, metode yang dikembangkan sejak tahun 80-an ini baik untuk diterapkan pada anak normal maupun anak dengan kebutuhan khusus.
Pendekatan pembelajaran BCCT dipusatkan pada anak dan menempatkan setting lingkungan main sebagai pijakan awal yang penting. Sebelum dan sesudah anak bermain dilakukan setting duduk melingkar, yang dikenal dengan saat lingkaran. Pada pendekatan ini, setiap anak diberikan dukungan penuh untuk aktif, kreatif, dan berani mengambil keputusan sendiri. Selain itu, guru tidak berperan sebagai pengajar, namun sebagai fasilitator, motivator, dan evaluator.
Comments