INTI BCCT
( Beyond Centre and Circle Time )
Berpusat pada anak
Program kegiatan sesuai dengan tahapan usia, tahap kemampuan individu anak, dan nilai budaya di lingkungan hidup anak
Anak membangun pengetahuan sendiri dengan dukungan pendidik melalui rangsangan optimal terhadap seluruh indera anak.
Pengetahuan didapat anak melalui interaksi dengan guru, teman, alat main dan lingkungannya (lingkungan main)
Aktivitas anak dilakukan melalui main sensorimotor, main peran, dan main pembangunan.
Sentra sebagai pusat pengembangan potensi anak
Pendidik sebagai fasilitator yang memberi pijakan (scaffolding) pada anak
Jumlah Sentra dapat dikembangkan disesuaikan dengan kemampuan pengelola dan kebutuhan kelompok.
Setiap sentra mendukung 3 jenis main (main sensori motor, main peran, main pembangunan)
Alat dan Bahan main sifat cair dan terstruktur
Sentra dapat digunakan secara bergilir
Pendidik memberi dukungan agar anak dapat mencapai tahap perkembangan yang lebih tinggi
Perencanaan menggunakan pendekatan holistik kurikulum dan diterapkan secara berkelanjutan (continuing of learning)
Perkembangan kognitif dibangun dengan dasar stabilitas sosial-emosional dan kenyamanan. Hubungan yang hangat antara anak dan guru, guru dengan guru, dan guru dengan orang tua sebagai pengkondisian perkembangan otak anak secara maksimal
Pembentukan perilaku dibangun melalui pembiasaan dengan modeling dari orang dewasa di lingkungannya
Pijakan (Scaffolding) sebagai dukungan untuk pengembangan kemampuan anak
Ada 4 Pijakan:
Pijakan lingkungan main
Pijakan sebelum main
Pijakan selama main
Pijakan setelah main
Kegiatan bermain anak :
Main sensorimotor
Main peran
Main pembangunan
Kegiatan Main dilakukan :
• Inisiatif anak
• Kebebasan memilih
• Eksplorasi
• Dukungan pendidik
JADWAL KBM
a. TK Senin – kamis
07.30 : siswa masuk
07.45 – 08.00 : bel, games di lapangan
08.00 – 08.30 : apersepsi pagi dengan guru wali
08.30 – 10.00 : pembelajaran di sentra, makan, doa penutup
10.00 – 10.15 : sholat dhuha jamaah, doa sesudah sholat, asmaul husna
b. Jumat
07.45 – 08.15 : shalat jamaah bersama
08.15 – 09.00 : program unggulan
09.00 – 09.30 : makan bersama, penutup, pulang
c. Sabtu
07.45 – 08.00 : senam
08.00 – 09.00 : ekstrakurikuler
09.00 – 09.30 : makan bersama, penutup, pulang
d. Uang makan -> per bulan Rp 20.000 = 4 x makan
e. Tabungan -> setiap hari nominal bebas
f. Tematik Outing / life Skill satu bulan sekali
g. Kerjasama dengan PKPU berupa program Tabungan Peduli
PROGRAM KESISWAAN
a. Upacara setiap hari senin
b. Sholat dhuha jamaah, infaq sukarela setiap hari jum’at, alokasi dana untuk sosial siswa
c. Buku penghubung -> diisi guru sentra setiap hari, mhon Orang tua siswa memeriksa dan menandatangani
PHBN : HUT RI dan Hari Kartini
PHBI : Ramadhan : pesantren ramadhan, buka puasa, halal bi halal, zakat
Idul Adha :Manasik haji
Muharam dan tahun baru Hijriyah: kunjungan ke Panti Asuhan
Milad Sekolah
Akhirussanah
Tata tertib :
• Siswa memakai seragam sesuai ketentuan
• Siswa wajib mengikuti semua kegiatan sekolah
• Bagi pengantar mohon menunggu di tempat tunggu yang sudah disiapkan
• Apabila pengantar terlambat / berhalangan menjemput mohon menghubungi guru wali
• Apabila siswa berhalangan hadir mohon menghubungi guru wali
( Beyond Centre and Circle Time )
Berpusat pada anak
Program kegiatan sesuai dengan tahapan usia, tahap kemampuan individu anak, dan nilai budaya di lingkungan hidup anak
Anak membangun pengetahuan sendiri dengan dukungan pendidik melalui rangsangan optimal terhadap seluruh indera anak.
Pengetahuan didapat anak melalui interaksi dengan guru, teman, alat main dan lingkungannya (lingkungan main)
Aktivitas anak dilakukan melalui main sensorimotor, main peran, dan main pembangunan.
Sentra sebagai pusat pengembangan potensi anak
Pendidik sebagai fasilitator yang memberi pijakan (scaffolding) pada anak
Jumlah Sentra dapat dikembangkan disesuaikan dengan kemampuan pengelola dan kebutuhan kelompok.
Setiap sentra mendukung 3 jenis main (main sensori motor, main peran, main pembangunan)
Alat dan Bahan main sifat cair dan terstruktur
Sentra dapat digunakan secara bergilir
Pendidik memberi dukungan agar anak dapat mencapai tahap perkembangan yang lebih tinggi
Perencanaan menggunakan pendekatan holistik kurikulum dan diterapkan secara berkelanjutan (continuing of learning)
Perkembangan kognitif dibangun dengan dasar stabilitas sosial-emosional dan kenyamanan. Hubungan yang hangat antara anak dan guru, guru dengan guru, dan guru dengan orang tua sebagai pengkondisian perkembangan otak anak secara maksimal
Pembentukan perilaku dibangun melalui pembiasaan dengan modeling dari orang dewasa di lingkungannya
Pijakan (Scaffolding) sebagai dukungan untuk pengembangan kemampuan anak
Ada 4 Pijakan:
Pijakan lingkungan main
Pijakan sebelum main
Pijakan selama main
Pijakan setelah main
Kegiatan bermain anak :
Main sensorimotor
Main peran
Main pembangunan
Kegiatan Main dilakukan :
• Inisiatif anak
• Kebebasan memilih
• Eksplorasi
• Dukungan pendidik
JADWAL KBM
a. TK Senin – kamis
07.30 : siswa masuk
07.45 – 08.00 : bel, games di lapangan
08.00 – 08.30 : apersepsi pagi dengan guru wali
08.30 – 10.00 : pembelajaran di sentra, makan, doa penutup
10.00 – 10.15 : sholat dhuha jamaah, doa sesudah sholat, asmaul husna
b. Jumat
07.45 – 08.15 : shalat jamaah bersama
08.15 – 09.00 : program unggulan
09.00 – 09.30 : makan bersama, penutup, pulang
c. Sabtu
07.45 – 08.00 : senam
08.00 – 09.00 : ekstrakurikuler
09.00 – 09.30 : makan bersama, penutup, pulang
d. Uang makan -> per bulan Rp 20.000 = 4 x makan
e. Tabungan -> setiap hari nominal bebas
f. Tematik Outing / life Skill satu bulan sekali
g. Kerjasama dengan PKPU berupa program Tabungan Peduli
PROGRAM KESISWAAN
a. Upacara setiap hari senin
b. Sholat dhuha jamaah, infaq sukarela setiap hari jum’at, alokasi dana untuk sosial siswa
c. Buku penghubung -> diisi guru sentra setiap hari, mhon Orang tua siswa memeriksa dan menandatangani
PHBN : HUT RI dan Hari Kartini
PHBI : Ramadhan : pesantren ramadhan, buka puasa, halal bi halal, zakat
Idul Adha :Manasik haji
Muharam dan tahun baru Hijriyah: kunjungan ke Panti Asuhan
Milad Sekolah
Akhirussanah
Tata tertib :
• Siswa memakai seragam sesuai ketentuan
• Siswa wajib mengikuti semua kegiatan sekolah
• Bagi pengantar mohon menunggu di tempat tunggu yang sudah disiapkan
• Apabila pengantar terlambat / berhalangan menjemput mohon menghubungi guru wali
• Apabila siswa berhalangan hadir mohon menghubungi guru wali
Comments